PENGGUNAAN INTERNET

tugas 4 psikologi teknologi dan internet





Pertama-tama saya akan menjelaskan terlebih dahulu mengapa saya menggunakan internet.
Zaman sekarang internet sudah ada dimana-mana.banyak orang yang tidak bisa lepas dari internet. Kenapa bisa begitu yaa? karena, aktivitas manusia pada saat ini rata-rata sudah menggunakan internet. Mulai dari bekerja hingga berbelanja online. Sekarang hampir semua orang sudah memakai internet,saya pun begitu. Tetapi saya memakai internet untuk hal positif ya. Saya memakai internet karena sangat mudah, praktis dan cepat.
Kedua, bagaimana saya menggunakan internet?
Kalau ditanya bagaimana sih ya jawaban saya simple saja. Yang pasti untuk berkomunikasi dengan orang lain, mencari informasi, mengerjakan tugas, berbelanja  dan berjualan online, mencari hiburan, dan membuka sosial media. Segala hal menjadi mudah dengan menggunakan internet.
Sekarang, saya akan menjabarkan lebih lengkap yang saya lakukan dengan internet.

1.    Untuk Communication
internet sebagai media komunikasi telah menjadi sebuah sarana komunikasi global, yang membuat hidup menjadi lebih efektif dan efisien. Media yang sering saya gunakan untuk berkomunikasi secara online salah satunya Line dan Whatsapp ini untuk chatting, melakukan panggilan suara dan panggilan video.  Setelah itu ada  Email yang biasanya dipakai untuk mengirim tugas.




2.    Untuk Information
Internet juga merupakan sarana yang digunakan untuk mencari informasi. Dengan internet ini saya cukup cepat untuk menggapai informasi baru. Seperti halnya berita. Saat saya dirumah saja pun, saya tetap bisa mendapatkan informasi dari internet. Saya juga dapat mencari refensi untuk memasak. Untuk mencari informasi biasanya saya mengandalkan media ini karena segala hal ada didalamnya.




3.    Untuk social networking
Dalam internet ini, saya dapat melakukan interaksi dengan orang lain. Dengan itu saya dapat memperluas pertemanan.



          
4.    Untuk entertainment
   Disaat bosan melanda, tentunya saya mencari hiburan yang menyenangkan. Internet adalah penyelamat dari kebosanan. Tanpa harus keluar rumah , saya pun bisa tetap mendapatkan hiburan melalui internet seperti halnya saya dapat menonton tanpa harus ke bioskop. Karena internet menyediakan beberapa media yang bisa dimanfaatkan. 




5.    Untuk education
Saya sangat membutuhkan internet untuk perkuliahan saya, apalagi saat pandemi ini saya diharuskan untuk mengikuti kuliah online. Contohnya untuk mengerjakan tugas dan mencari materi. Selain itu internet juga dapat memberikan edukasi untuk diri saya dalam menghadapi pandemi ini. Seperti contoh saya mencari cara untuk pencegahan COVID-19.


IPusNas

6.    Untuk economy
Di zaman sekarang ini internet semakin modern dan telah menghilangkan batas ruang dan waktu yang mengakibatkan munculnya industri baru yang memanfaatkan perkembangan teknologi. Inilah yang mengakibatkan terjadinya pergerakan ekonomi, yang semula pertukaran barang dilakukan secara fisik menjadi pertukaran melalui media-media yang ada di internet. Perkembagan ini memberikan kontribusi pada pertumbuhan ekonomi. Seperti contohnya saya bisa berbelanja hingga berjualan di Shopee, Tokopedia, dan Carousell tanpa harus menyewa tempat diluar sana. Terlebih lagi, sangat praktis untuk melakukan transaksi di internet, itu sangat simpel.

Shopee
Tokopedia

Zalora

Pomelo

Carousell

Peran Sosial Individu dalam Intenet
Internet menjadi suatu wadah untuk bertukar pikiran dan menyatakan pendapat secara bebas.
Oleh karena itu pikirkan baik-baik sebelum kita berbicara di internet. Jangan sampai kita merugikan orang lain.
Ada baiknya jika kita dapat memanfaatkan internet sebaik mungkin. Contohnya disaat pandemi ini banyak orang yang menggalang dana bagi yang membutuhkan dan membagi-bagikan makanan. Tidak ada salahnya untuk saling berbagi dan saling menolong Tetapi jangan hanya saat pandemi saja, namun lakukanlah kebaikan setiap harinya yang bermanfaat. Dengan mulai menyebarkan positive vibes agar orang lain dapat termotivasi untuk mencontoh perilaku kita. Karena, perilaku baik itu menular lho…

Selain itu, kita juga harus pintar-pintar menggunakan internet. Tidak semua yang ada di internet itu baik, kita tidak bisa langsung menelan bulat bulat saja. Sepertinya halnya kita harus berhati-hati terhadap berita hoax. Apalagi sekarang banyak hoax untuk menggiring opini. Oleh karena itu, Kita harus pintar-pintar menyaring hal yang ada di internet. Tidak semua dapat langsung kita telan bulat-bulat.
Yuk, tebar kebaikan di internet dan stop menyebarkan hoax! Jadilah pribadi yang bijak dalam memakai internet.

Comments