PENGERTIAN MATEMATIKA
Kata matematika berasal dari
perkataan Latin mathematika yang mulanya diambil dari perkataan Yunani
mathematike yang berarti mempelajari. Perkataan itu mempunyai asal katanya
mathema yang berarti pengetahuan atau ilmu (knowledge, science). Kata
mathematike berhubungan pula dengan kata lainnya yang hampir sama, yaitu
mathein atau mathenein yang artinya belajar (berpikir). Jadi, berdasarkan asal
katanya, maka perkataan matematika berarti ilmu pengetahuan yang didapat dengan
berpikir (bernalar). Matematika lebih menekankan kegiatan dalam dunia rasio
(penalaran), bukan menekankan dari hasil eksperimen atau hasil observasi
matematika terbentuk karena pikiran-pikiran manusia, yang berhubungan dengan
idea, proses, dan penalaran (Russeffendi ET, 1980 :148).
Matematika terbentuk dari pengalaman
manusia dalam dunianya secara empiris. Kemudian pengalaman itu diproses di
dalam dunia rasio, diolah secara analisis dengan penalaran di dalam struktur
kognitif sehingga sampai terbentuk konsep-konsep matematika supaya
konsep-konsep matematika yang terbentuk itu mudah dipahami oleh orang lain dan
dapat dimanipulasi secara tepat, maka digunakan bahasa matematika atua notasi
matematika yang bernilai global (universal). Konsep matematika didapat karena
proses berpikir, karena itu logika adalah dasar terbentuknya matematika. M
Hakikat Matematika dan Pembelajarannya di SD 4 Model Pembelajaran Matematika
Pada awalnya cabang matematika yang ditemukan adalah Aritmatika atau Berhitung,
Aljabar, Geometri setelah itu ditemukan Kalkulus, Statistika, Topologi, Aljabar
Abstrak, Aljabar Linear, Himpunan, Geometri Linier, Analisis Vektor,
dll.
Beberapa
Definisi Para Ahli Mengenai Matematika antara lain :
1. Russefendi (1988 : 23)
Matematika terorganisasikan dari unsur-unsur
yang tidak didefinisikan, definisi-definisi, aksioma-aksioma, dan dalil-dalil
di mana dalil-dalil setelah dibuktikan kebenarannya berlaku secara umum, karena
itulah matematika sering disebut ilmu deduktif.
2. James dan James
(1976)
Matematika adalah ilmu tentang logika, mengenai
bentuk, susunan, besaran, dan konsepkonsep yang berhubungan satu dengan
lainnya. Matematika terbagi dalam tiga bagian besar yaitu aljabar, analisis dan
geometri. Tetapi ada pendapat yang mengatakan bahwa matematika terbagi menjadi
empat bagian yaitu aritmatika, aljabar, geometris dan analisis dengan
aritmatika mencakup teori bilangan dan statistika.
3. Johnson dan Rising dalam Russefendi (1972)
Matematika adalah pola berpikir, pola
mengorganisasikan,pembuktian yang logis, matematika itu adalah bahasa yang
menggunakan istilah yang didefinisikan dengan cermat , jelas dan akurat
representasinya dengan simbol dan padat, lebih berupa bahasa simbol mengenai
ide daripada mengenai bunyi. Matematika adalah pengetahuan struktur yang
terorganisasi, sifat-sifat dalam teori-teori dibuat secara deduktif berdasarkan
kepada unsur yang tidak didefinisikan, aksioma, sifat atau teori yang telah
dibuktikan kebenarannya adalah ilmu tentang keteraturan pola atau ide, dan
matematika itu adalah suatu seni, keindahannya terdapat pada keterurutan dan
keharmonisannya.
4. Reys - dkk (1984)
Matematika adalah telaahan tentang pola dan
hubungan, suatu jalan atau pola berpikir, suatu seni, suatu bahasa dan suatu
alat.
5. Kline (1973)
Matematika itu bukan pengetahuan menyendiri yang
dapat sempurna karena dirinya sendiri, tetapi adanya matematika itu terutama
untuk membantu manusia dalam memahami dan menguasai permasalahan sosial,
ekonomi, dan alam.
PENGERTIAN ILMU ALAMIAH DASAR (IAD)
Ilmu
alamiah atau sering disebut ilmu pengetahuan alam (natural science) merupakan
pengetahuan yang mengkaji tentang gejala-gejala dalam alam semesta, termasuk di
muka bumi ini, sehingga terbentuk konsep dan prinsip.
Beberapa definisi
menurut para ahli:
1. Menurut H. W. Fowler dalam
bukunya “Sience” In Education, Ilmu Alamiah atau biasa disebut IPA yaitu ilmu
yang sistimatis dan dirumuskan, yang berhubungan dengan gejala-gejala kebendaan dan didasarkan terutama atas pengamatan dan
induksi.
2. Menurut H. ABAU AHMADI dan A. SUPATMO dalam buku SAP Ilmu Alamiah Dasar,
menyatakan Ilmu Alamiah atau sering disebut IPA yaitu suatu pengetahuan teori yang diperoleh/disusun
dengan cara yang khas- khusus, yaitu melakukan observasi eksperimentasi,
penyimpulan, penyusunan teori,
eksperimentasi, observasi dan demikian
seterusnya kait mengkait antara cara yang satu dengan cara yang lain. IPA yaitu
ilmu yang mempelajari alam dengan segala isinya.
3. Menurut H. W. Fowler berpendapat
bahwa Ilmu Alamiah atau biasa disebut IPA yaitu ilmu yang sistimatis dan
dirumuskan, yang berhubungan dengan
gejala-gejala kebendaan dan
didasarkan terutama atas pengamatan dan induksi, yang berarti bahwa Ilmu Alamiah perlu dikaji pula dengan
cara sistematis, atau dengan cara ilmu pasti, sehingga dapat menyimpulkan suatu
konsep secara sistematis, dan terperinci.
RUANG LINGKUP
RUANG LINGKUP ILMU
ALAMIAH DASAR (IAD)
Ilmu
Alamiah Dasar (Basic Natural Science) merupakan ilmu pengetahuan alam yang
mengkaji prinsip esensial saja, sehingga ruang lingkup Ilmu Alamiah Dasar
(Basic Natural Science) secara garis besar meliputi:
1. Fisika
(Physics)
Suatu
ilmu pengetahuan yang mempelajari benda tidak hidup atau mati dari aspek wujud
dengan perubahan – perubahan yang bersifat sementara. Fisika secara klasik
dibagi dalam mekanika, panas, bunyi, cahaya, gelombang, listrik, magnit dan
teknik mekanik, teknik sipil, teknik listrik dan termasuk dalam lingkup besar
ilmu bumi dan antariksa.
2. Kimia
(Chemistry)
Suatu
ilmu pngetahuan yang mempelajari benda hidup dan tidak hidup dari aspek susunan
materi dan perubahan – perubahan yang bersifat tetap. Kimia secara gari besar
dibagi menjadi kimia anorganik dan kimia organik. Kedua bagian itu pada
dasarnya membahas dasar keseluruhan, kemudian diikuti dengan analisis
kualitatif dan kuantittif.
3. Biologi
(Biological Science)
Ilmu
pengetahuan yang mempelajari makhluk hidup dan gejala – gejalanya. Biologi
dibagi atas cabang – cabang antara lain :
4. Zoologi
adalah cabang biologi yang mempelajari struktur, fungsi, perilaku, serta
evolusi hewan. Ilmu ini antara lain meliputi anatomi perbandinga, psikologi
hewan, biologimolekular, etologi, ekologiperilaku, biologievolusioner,
taksonomi, dan paleontologi. Kajian ilmiah zoologi dimulai sejak sekitar abad
ke-16.
5. Morfologi
adalah suatu studi tentang struktur luar atau bentuk luar makhluk hidup.
Morfologi dipakai oleh berbagai cabang ilmu. Secara harfiah, morfologi berarti
'pengetahuan tentang bentuk' (morphos).
6. Anatomi
adalah suatu studi tentang struktur – dalam atau bentuk–dalam makhluk hidup.
Anatomi (berasal dari bahasa Yunani ἀνατομία anatomia, dari ἀνατέμνειν
anatemnein, yanmemotong) adalah cabang dari biologi yang berhubungan dengan struktur
dan organisasi dari makhluk hidup. Terdapat juga anatomi hewan atau zootomi dan
anatomi tumbuhan atau fitotomi. Beberapa cabang ilmu anatomi adalah anatomi
perbandingan, histologi, dan anatomi manusia.
7. Fisiologi
adalah suatu studi tentang fungsi atau faal bagian tubuh atau organ makhluk
hidup
RUANG LINGKUP MATEMATIKA
Standar kompetensi matematika merupakan seperangkat
kompetensi matematika yang dibukukan dan harus ditunjukkan oleh siswa pada
hasil belajarnya dalam mata pelajaran matematika. Standar ini dirinci dalam
komponen kompetensi dasar beserta hasil belajarnya, indikator dan materi pokok
untuk setiap aspeknya. Pengorganisasian dan pengelompokan materi pada materi
didasarkan menurut disiplin ilmunya atau didasarkan menurut kemahiran atau
kecakapan yang hendak dicapai. Aspek atau ruang lingkup materi pada standar
kompetensi matematika adalah bilangan, pengukuran dan geometri, aljabar,
trigonometri, peluang dan statistik, dan kalkulus.
Kaitan
Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar dengan Psikologi
Matematika Merupakan Ilmu yang memerlukan nalar untuk
menyelesaikan masalah atau soal-soalnya. Sementara itu, ilmu alamiah dasar atau
biasa disebut ilmu pengetahuan alam merupakan ilmu yang mengkaji tentang gejala
alam meliputi tentang ilmu biologi jadi Matematika dan Ilmu budaya dasar
memiliki hubungan dengan psikologi karena sangat membantu dalam ilmu
pengetahuan karena ilmu pengetahuan berdasarkan pada observasi dan eksperimen.
Ilmu pengetahuan memerlukan matematika untuk membantunya menemukan jawaban dan
menyusun teori. Sedangkan psikologi memerlukan matematika dan ilmu alamiah
dasar untuk menyusun teori dan melakukan perhitungan. Sementara itu salah satu
cabang ilmu pengetahuan adalah biologi. Biologi amat penting bagi ilmu
psikologi terutama untuk mempelajari berbagai macam mekanisme dalam tubuh
manusia. Melalui berbagai penelitian, ilmu biologi dapat menjelaskan hal-hal
seperti proses penginderaan pada manusia, alasan saat takut detak jantung
menjadi lebih cepat dan sebagainya. Ini amat membantu perkembangan ilmu
psikologi.
REFERENSI
Andi
Hakim, N. (1980). Landasan Matematika, Jakarta : Bharata Aksara.
Lisnawaty,
S. (1992). Metode Mengajar Matematika 1, Jakarta : PT. Rineka Cipta
Ruseffendi,
E.T, dkk. (1992), Pendidikan Matematika 3, Jakarta : Depdikbud.
Maskoeri
Jasin dalam bukunya yang berjudul Ilmu Alamiah Dasar yang diterbitkan PT Raja Grafindo
Persada
H.
ABAU AHMADI dan A. SUPATMO dalam buku
SAP Ilmu Alamiah Dasar
Ahmad, Abu dan A. Supatmo. Ilmu Alamiah Dasar. 1998. Jakarta
: PT. Bumi Aksara
Jasin, Maskoeri. Ilmu Alamiah Dasar; Untuk Perguruan Tinggi
Non Eksata dan Umum. 1998. Jakarta : Raja Gafindo Persada
Comments
Post a Comment